Dua artikel online pagi-pagi

Roy Murtadho di Indoprogress,

Fanatisme bisa menjangkiti siapa saja. Seorang terpelajar yang seringkali dibayangkan memiliki horizon pengetahuan luas, tidak sedikit yang menjadi fanatis. Bahkan dalam konteks beragama, fanatisme justru seringkali banyak menjangkiti kalangan agamawan ketimbang orang awam yang memang lebih longgar dalam beragama. “Makin relijius seseorang”, demikian kata tetangga saya, “biasanya melihat dunia menjadi lebih sempit”. Bisa setuju dan tidak dengan pernyataan tersebut. Di banyak tempat, kekerasan atas nama agama justru seringkali terjadi di kantong masyakarat yang agamis ketimbang yang tidak agamis, sebab orang beragama lebih cenderung intoleran ketimbang yang sekular.

Tentang The Amazing Setya Novanto di Socio-Politica,

Tak kurang dari tujuh kasus – enam kasus hukum dan satu masalah etik terkait kehadirannya dalam proses kampanye Donald Trump – membelit tokoh pebisnis dan politisi Setya Novanto sejak tahun 1999. Dan secara menakjubkan, praktis hingga sejauh ini ia selalu berhasil lolos menerobos. Mungkin peruntungannya berkategori Lucky Duck, seperti tokoh Bebek Untung –saudara sepupu Donald Bebek– dalam salah satu serial komik Disney. Tapi lebih dari sekedar selalu beruntung, tak bisa tidak ia bisa disebut The Amazing Setya Novanto.

Advertisements

6 responses to “Dua artikel online pagi-pagi

  1. sorry bro perasaan kemaren pas bacanya ada foto against the current mau diaplud. udah dihapus apa belom ya. mau kepake buat dokumentasi, email aja kalo udah dihapus.

    Like

Comments are closed.