10 Peringkat Perguruan Tinggi Non Politeknik Indonesia Tahun 2017

Seorang teman, mengirim tautan pemeringkatan 100 besar Perguruan Tinggi Non Politeknik tahun 2017. Versi Kemenristekdikti.

Empat komponen utama yang dinilai, yaitu; Kualitas SDM, Kualitas Kelembagaan, Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, dan Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

Lebih lengkap Anda bisa baca di tautan berikut.

Kemenristekdikti sendiri, mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi melalui revitalisasi politeknik, maka klasterisasi pendidikan tinggi di Indonesia tahun 2017 ini dikelompokkan dalam kelompok Politeknik dan kelompok Non Politeknik [Universitas, Institut, dan lainnya].

Saya ada di kelompok Non Politeknik, dan di data rangkingnya, kampus tempat saya belajar saat ini ada di rangking 94. Baik universitas negeri mau pun swasta dicampur, maka saya mengira kampus saya oke juga.

Di kelompok teratas, 10 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik tahun 2017 dihuni wajah-wajah lama;

1] Universitas Gadjah Mada

2] Institut Teknologi Bandung

3] Institut Pertanian Bogor

4] Universitas Indonesia

5] Institut Teknologi Sepuluh November

6] Universitas Diponegoro

7] Universitas Airlangga

8] Universitas Brawijaya

9] Universitas Hasanuddin

10] Universitas Negeri Yogyakarta

Perguruan Tinggi tetangga saya, anak negeri, Universitas Sebelas Maret, ada di peringkat 11.

Sementara itu, data dari BPS [Badan Pusat Statistik] per 2014/2015,  Indonesia memiliki 638 Perguruan Tinggi Swasta dan 55 Perguruan Tinggi Negeri. Dan kami, ada di peringkat 94. Ini kenapa saya bilang oke juga.

Tapi, itu tidak penting.

Yang penting bukan peringkatnya kata seorang teman. Tapi mahasiswa di dalamnya.

Klik tautan berikut untuk mengetahui 100 Perguruan Tinggi Non Politeknik dan 25 Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia tahun 2017.

