Cerita Iga Massardi soal pesan di lagu “Tarintih” 

Tentang makna di balik lagu ‘Tarintih’, Iga Massardi, vokal dan gitaris Barasuara, ingin menceritakan proses ibu melahirkan anaknya sampai membesarkannya. Dalam sepersekian detik, kata demi kata muncul begitu saja. Bertabur buih air mata yang terluka/belati itu belati tebar pedih tebar pedih/berbunga-bunga ketika lihatmu ada.

Lagunya menceritakan betapa sakitnya saat ibu melahirkan dan bahagia ketika anaknya sudah lahir. Namun, kata kata-kata ibu, lahir, sakit, dan bahagia tak eksplisit dituliskan.

Iga menggunakan telepon genggam untuk merekam setiap nada atau lirik yang ditemukan. Rekaman itu didengar ulang untuk mengetahui nada dan lirik sesuai atau tidak. Kata-kata bisa diganti lagi, dibongkar lagi, sampai ketemu yang pas.

Artikel ditulis oleh Fransisca Romana Ninik, Mohamad Hilmi Faiq, dan Dwi AS Setianingsih “Di balik Lirik-Lirik Puitik” di koran Kompas. Sebelum artikel ini diturunkan saya menerka lagu ‘Tarintih’ bercerita soal hal-hal lain, seperti bisikan malaikat kepada manusia agar berbuat baik dan semisal itu.

Advertisements