Metro TV malam ini

Talkshow “Mata Najwa” rabu malam  [21 Juni] menghadirkan perbincangan yang menarik, setidaknya daripada mendengar kabar buruk kasus korupsi Gubernur Bengkulu ini.

Narasumber yang diundang adalah Gus Mus dan Quraish Shihab, tokoh islam. Banyak pengetahuan yang bisa diserap untuk memperdalam keyakinan terhadap agama islam, terutama bagi saya sendiri.

Gus Mus, mengatakan bahwa islam pada dasarnya itu moderat. Adil, di tengah-tengah. Tidak terlalu ke kanan dan ke kiri. Saya suka pendapat ini. Sementara Quraish Shihab, berpesan jangan mudah mengafirkan orang. Karena ‘kafir’ itu sendiri memiliki makna yang luas, tidak sebatas seseorang yang non-muslim.

Pembahasan mengenai ayat dalam Al Quran, terkait perspektif atau cara pandang juga poin yang menarik. Rasulullah sendiri cenderung membenarkan berbagai pendapat yang ada lalu mencari titik temu antara yang mampu mengakomodasi pendapat tersebut. Quraish mencontohkan pancasila yang mengakomodir pandangan bentuk Indonesia yang ada di antara negara sekuler dan negara agama.

Dan poin utama dari segala yang diperbincangkan adalah: jangan berhenti belajar.

Advertisements