Mempersoalkan keberadaan Tuhan

Tulisan ini dihasilkan oleh orang yang malas shalat tarawih dan memilih menonton serial Naruto di televisi. šŸ˜€

Saya kira, agama menjadi hal yang paling fundamental bagi kebanyakan orang di Indonesia. Itu sebabnya, bentuk negara ini bukan sekuler. Meski bukan juga negara agama. Tapi, banyak hal yang dikaitkan dengan agama. Itulah kenapa kita menyebut banjir itu musibah.

Soal lain, jika diibaratkan sosok, maka agama sosok sentral dalam perubahan hidup seseorang menjadi lebih baik. Karena itu, kita percaya bahwa nanti Tuhan akan memberi reward dan hadiah yang baik jika kita menjadi baik: dalam hal ini Surga. Jadi, generalisasikan saja: the only reason you try to be good is to gain God’s approval or reward.

Pada umumnya seperti itu.

Jika membicangkan agama, teori Darwin selalu ikut dibahas. Mereka, pada dasarnya, tidak percaya pada teori tersebut. Bahwa manusia, bukan jelmaan kera yang berotak. Tidak masalah. Saya juga.

Tapi kan begini, saat berada di puncak gedung tidak ada manusia yang berani melompat ke bawah tanpa pengaman. Padahal ini juga teori. Gravitasi namanya.

Garis lurusnya, mitos itu, seperti juga agama, akan menarik saat kalian tidak memikirkannya dalam-dalam. Kalau kata Richard Darwin, “the less you think the more you believe.”

Pun begitu, perhatikan skema ini: jika benar manusia pertama itu Adam dan Hawa, kenapa dunia ini memiliki begitu banyak bahasa? Ibaratkan dunia ini rumah, manusia adalah keturunan Adam dan Hawa, kenapa kita tidak memiliki satu bahasa saja?

Tapi teman-teman, bagaimana pun, keyakinan akan Tuhan itu ada di diri saya. Misal, saya beberapa kali berada di posisi mencekam, di saat itu saya ingat akan Tuhan. Saya takut.

Hanya saja, saat kosong dan tak berkegiatan, otak sering melayang ke mana-mana. Salah satunya topik agama ini.

Dengan kata lain, ada sesuatu dalam diri saya yang membutuhkan adanya kekuatan yang lebih besar yang tak terlihat: Tuhan.

Saya percaya dalam pencarian ini.

Leave a Reply

