Negara Soft Power

“Inggris dianggap menggunakan soft power dengan cara yang benar-benar sangat halus dan cerdik. Mereka menggunakan berbagai macam seni yang kini menjadi ikon besar dunia, seperti The Beatles, Harry Potter, dan Shakespeare. Mereka juga memiliki Liga Primer Inggris yang dianggap sebagai kompetisi sepak bola terbaik di dunia saat ini. Lebih dari itu, Inggris juga memiliki keluarga kerajaan yang menjadi pujaan, baik bagi masyarakat di dalam maupun di luar Inggris.” – Andhika Prasetyo, dalam laporannya di Media Indonesia: ‘Menebar Pengaruh Lewat Soft Power’, 11 Agustus 2015.

Ada lima negara yang efektif menggunakan kekuatan ‘lembut’ dalam diplomasinya. Inggris menjadi yang pertama. Negara ini, sepengetahuan saya juga kuat dalam industri musiknya.

Negara kedua, Jerman. Ketiga, Amerika Serikat. Untuk AS kekuatan diplomasi tersebar merata, segala macam cara dilakukan untuk menyebarkan pengaruhnya. Negara satu ini, dalam studi kemarin di ruang perkuliahan poin paling utama yang kentara adalah kekuatan politiknya.

Negara keempat yang unggul pada soft power-nya adalah Perancis; Menara Eiffel, pusat mode dunia. Kelima ditempati Kanada, yang memang tidak terlalu dikenal akan produk atau tempat indahnya, namun siapa sangka Kanada meraih rasa hormat dan kepercayaan masyarakat dunia.

Dunia, menurut survei tersebut, menganggap Kanada merupakan negara yang telah banyak melakukan hal yang benar hampir sepanjang waktu.

Advertisements