Rina Soemarno dan program YPP 2017

Kemarin, blog ini memecahkan rekor kunjungannya. Itu adalah kesenangan tersendiri buat saya. Yang menarik, di terma pencarian, ada beberapa pengunjung yang tersesat di blog ini karena ingin mencari informasi tentang Rina Soemarno, yang saat ini telah diresmikan Joko Widodo sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Bangladesh, merangkap Republik Demokratik Nepal berkedudukan di Dhaka. LBBP, Luar Biasa Berkuasa Penuh.

Saya sendiri, pernah bertemu dengan Beliau dua kali. Pertama, saat Ibu Rina memberi kuliah di kampus. Kedua, pada 7 April lalu saat Beliau memberi kuliah di Kantor Kementerian Luar Negeri.

Pada saat yang sama (7/April), Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno L. P. Marsudi, sedang dalam kunjungan kerja di New York menemui Kofi Annan, Chair of the Advisory Commission on Rakhine State. Pertemuan itu, membahas perkembangan terbaru proses penyelesaian isu Rakhine di Myanmar. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Dan, saat di Kemlu, saya menerima beberapa penjelasan tentang program PBB yaitu YPP (Young Professionals Programme) 2017. Tentu ini menarik. Semacam lowongan kerja bekerja untuk PBB. Klik di sini untuk informasi lengkap.

Intinya, YPP membuka jalan bagi siapa pun yang ingin berkarir di dunia Internasional, di bawah PBB. Atas nama PBB. Bukan atas nama negara masing-masing.

Warga Indonesia sendiri, sangat sedikit yang bekerja di bawah PBB. Saya lupa angkanya. Tapi, persentasenya sangat sedikit. Salah satu syarat utamanya adalah lulus S1 terlebih dulu, dan lolos test. Kemampuan bahasa juga utama, terutama Inggris, dan minimal satu bahasa besar lain; Arab, Perancis, atau Chinese.

Yang bisa berkarir di PBB, lewat program YPP tentu bukan hanya lulusan Hubungan Internasional, tetapi lulusan program studi apa pun. Perwakilan Kemlu yang memberi presentasi saat itu, menekan kan agar banyak fresh graduate yang setidaknya mencoba ikut test, siapa tahu lolos kualifikasi. Jadi, silakan dicoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s