Hophiphop

Malam kemarin, saya main-main di situs Internet Archive. Hasilnya, ada beberapa lagu Rage Against the Machine yang diunduh. Bukan hanya beberapa, ada duabelas, bisa dibilang banyak juga. Tentu yang paling banyak saya unduh lagu RATM di album “The Battle of Los Angeles” yang rilis pada 1999.

Cerita sedikit, empat tahun lalu, saya pendengar musik sejenis rap atau hip-hop dan turunannya. Sebetulnya, banyak nama yang saya dengarkan, tetapi favoritnya satu: RATM.

Alasannya sederhana, saya menyukai bagaimana Tom Morello memainkan gitarnya. Seolah memainkan deck DJ. Suara sureal yang dihasilkan itu, meski seperti ngawur, terdengar harmoni di telinga. Dan tentu saja, cocok untuk menghentak-hentakkan kaki di mana saja kalau sedang bosan. Terlebih, situasi politik saat ini sedang panas. Jadi, cocok saja RATM kembali mengisi playlist Mp3 player.

Untuk Indonesia nama Homicide pernah saya dengarkan. Bulan lalu, saya membeli CD Full Discography-nya yang entah sudah cetak berapa kali. Grup sejenis yang pernah saya tonton live-nya adalah Eye Feel Six. Tidak tahu kenapa, jika mendengar di rekamannya, suara lebih baik dan rapi. Jika live, musik pengiring dari deck DJ terdengar mendominasi. Tapi, atmosfernya tentu tidak bisa dibandingkan.

Sebelum musik hip-hop cadas, saya mendengar hip-hop pada kemasan umumnya. Saykoji, adalah yang mengawali masuknya hip-hop di telinga saya. Saykoji musisi hebat. Bagaimana ia menyebarkan musiknya setara Pee Wee Gaskins. Penuh perjuangan.

Sebagai penutup, saya mau mengatakan kalau Radja adalah band pertama yang saya saksikan live. Aha! Tentu kamu tahu, dan harusnya ingat band satu ini.

Link berikut tertuju pada 59 lagu RATM yang ada di Internet Archive. Karena ada di situs Internet Archive, saya kira bebas unduh. Maka, unduh yang kamu suka. Tapi, saya menyarankan mendengar track “Vietnow“.

Advertisements

3 responses to “Hophiphop

Comments are closed.