Kesempatan masyarakat lokal memanfaatkan wisata melalui penyewaan homestay

Yuswohady dalam artikelnya berjudul “Homestay” di Koran Sindo 15 Januari 2017 menulis: “Pengembangan homestay yang dimiliki dan dikelola oleh masyarakat setempat di sekitar destinasi wisata merupakan solusi pemerataan kemakmuran yang sustainable. Dengan konsep ini maka masyarakat lokal akan ikut menikmati tetesan rejeki dari wisatawan yang datang dengan menyewa homestay milik mereka.”

“Alih-alih membangun hotel-hotel besar bertaraf internasional yang dimiliki investor kakap, konsep homestay memungkinkan masyarakat lokal ikut menikmati rejeki yang dibawa oleh wisatawan. Sehingga majunya sebuah destinasi wisata akan berkait langsung dengan kemakmuran masyarakat lokal secara merata. Inilah yang disebut konsep pariwisata inklusif (inclusive tourism). Kalau sudah begini maka sektor pariwisata menjadi kandidat paling sempurna untuk menjadi ‘mesin pemerataan’ pembangunan.”

“Dengan memberikan kesempatan masyarakat lokal memiliki dan mengelola homestay maka akan tumbuh para wirausahawan lokal (local entrepreneur ) di sekitar destinasi wisata. Dan dengan adanya wirausahawan ini, maka potensi sebuah destinasi wisata akan bisa dieksplorasi dan dikembangkan lebih lanjut. Mereka akan menjadi apa yang oleh Richard Florida disebut creative class yang menjadi faktor kunci pengembangan destinasi wisata.”

“Kalau homestay dikelola secara mandiri oleh masyarakat lokal, pertanyaanya, bisakah mereka men-deliver layanan berkelas dunia, khususnya untuk para wisatawan mancanegara? Memang homestay yang ada selama ini di berbagai desa wisata belum mampu memberikan service excellence. Kenapa begitu? Karena mereka mengelolanya secara sendiri-sendiri. Jika mereka berhimpun di dalam satu payung (misalnya berbentuk koperasi atau Badan Usaha Milik Desa, BUMDes) dan kemudian mengelolanya secara bersama-sama dengan menerapkan manajemen modern, maka tentu service excellence bisa diwujudkan.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s