Alim Markus saja berkata demikian tentang kualitas produk Indonesia

Kompas: Apa yang mendorong Anda terus berkampanye soal mencintai produk Indonesia dan menjadikannya iklan Maspion?

Alim Markus: Saya lihat Jepang atau Korea merupakan bangsa yang sangat mencintai produknya sendiri. Sebuah produk dibuat oleh banyak orang. Jika bangsa ini banyak memproduksi barang, akan banyak tenaga kerja terserap. Slogan ‘Cintailah Produk-Produk Indonesia’ harus terus saya teriakkan karena kami punya produk berkualitas. Slogan ini menjadi sebuah edukasi dan mampu meningkatkan emosi bangsa. Kalau bukan kita siapa lagi yang harus teriak-teriak untuk cinta produk dalam negeri.

Kompas: Kini, apa kampanye itu berhasil?

Alim Markus: Ada hasilnya. Buktinya, saya punya banyak penggemar karena sering muncul di iklan. Lalu, para pejabat pemerintah mudah akrab dengan saya karena dianggap nasionalisme tinggi. Dan, semoga ini sudah menular ke pengusaha lain. Nasionalisme itu harus ada karena kita membuat produk Indonesia. Namun, ternyata produk impor masih disukai. Produk impor yang masuk pasar kita harganya memang cenderung murah dibandingkan produk lokal. Akan tetapi, kalau kualitas produk yang kita buat lebih unggul, dengan harga lebih mahal 20 persen dari produk impor, produk lokal masih bisa menguasai pasar. Percayalah, kualitas produk dalam negeri lebih unggul.

 

Advertisements