Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Myanmar?

Tribunnews: “Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mendorong Pemerintahan Joko Widodo memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar.”

“Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan, Indonesia adalah negara yang mengusung kemanusian yang adil dan beradab dan mengedepankan hak asasi manusia perlu bersikap terang dan tegas terhadap Pemerintah Myanmar. Karena itu, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mendesak Presiden Jokowi untuk mencabut hubungan diplomatik dengan Myanmar.”

“Karena apa yang dilakukan pemerintah Myanmar tidak mencerminkan negara beradab, dan bertentangan dengan prinsip dasar Indonesia Yakni Pancasila.” ujar Dahnil kepada Tribunnews.
“Pada faktanya, telah menjadi negara yang niradab, melalui pembiaran bahkan diduga dengan sengaja melakukan pembantaian terhadap etnis Rohingya,” ujar Dahnil Simanjuntak

Opini saya: Apa yang terjadi di Myanmar kurang lebih sama dengan yang terjadi di Indonesia. Diskriminasi rasial. Rohingya, adalah kaum pendatang di Myanmar. Dan saya kira diskriminasi masyarakat lokal (pribumi) terhadap pendatang akan selalu ada. Ingat apa yang terjadi terhadap etnis Tionghoa di Indonesia.

Saya pun sependapat dengan Dahnil mengenai tindakan Pemerintah Myanmar yang terkesan membiarkan pembantaian terhadap etnis Rohingya di Myanmar itu niradab. Tapi, memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar justru menambah masalah baru, dan mungkin bukan opsi yang dipilih Pemerintahan Joko Widodo. 

Advertisements

2 responses to “Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Myanmar?

  1. kalau mengingatkan ya susah, karena myanmar tidak mengakui etnis rohingya sebagai bagian Myanmar. ada 135 etnis yang diakui dalam undang-undang kewarganegaraan Myanmar tahun 1982, rohingya tidak masuk.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s