Presiden Joko Widodo di antara peserta Aksi Damai 212

Kemarin Duta Besar Salman Al-Farisi berkesempatan hadir memberi kuliah di kampus. Tentang apa yang Beliau sampaikan akan saya tulis untuk esok hari. Supaya lebih lengkap dan lebih baik tentunya.

Hari ini, kita semua tahu, umat Islam sedang melakukan Aksi Damai 212, 2 Desember 2016 menuntut Basuki Tjahaja Purnama diproses hukum secara adil. Saat tulisan ini ditulis, Presiden Joko Widodo hadir bersama para peserta Aksi Damai untuk melaksanakan shalat jumat. Bersama ribuan massa, ada sisi baik dan buruk yang mungkin datang.

Sisi baiknya, hal ini menunjukkan bagaimana humanis dan demokratisnya Joko Widodo. Sisi buruknya, tentu dari keamanan. Begitu banyak massa, kemungkinan suasana chaos lebih besar. Tentu, tidak ada yang mengharap anarkisme muncul, apalagi membahayakan Presiden Joko Widodo.

Saya ingat apa yang dikatakan Duta Besar Salman Al-Farisi kemarin, “Silakan Anda cari negara manapun di dunia ini yang lebih demokratis dari Indonesia. Banyak yang iri dan kagum dengan Indonesia, sudah beragam budayanya, mayoritas muslim, tapi demokratis.”

Advertisements

2 responses to “Presiden Joko Widodo di antara peserta Aksi Damai 212

Comments are closed.