Individu Tanpa Kewarganegaraan

“Penyebab dari keadaan tanpa kewarganegaraan itu berbeda-beda di setiap negara. Selain kekurangan atau konflik dalam hukum kewarganegaraan, ada pula persoalan diskriminasi dalam hukum serta kurangnya akses pada akta kelahiran yang menyebabkan seseorang kesulitan memperoleh dokumen identitas.” Kompas melaporkan.

“Berdasarkan definisinya, seseorang yang tidak memiliki kewarganegaraan tak dipertimbangkan sebagai warga negara oleh negara mana pun. Akibatnya, mereka sering kesulitan mengakses hak-hak dan pelayanan dasar serta integrasi dengan masyarakat setempat.”

“Dalam kerja kami di Asia Timur dan Pasifik, kami melihat anak-anak yang tidak memiliki kewarganegaraan tidak mendapatkan hak-hak mereka yang paling dasar.” kata Penasihat Perlindungan Anak Regional UNICEF Stephen Blight.

“Keadaan tanpa kewarganegaraan memosisikan anak-anak dalam keadaan termarjinalisasi dan rentan sepanjang umur mereka, yang bisa berlanjut pada generasi mereka selanjutnya.” kata Blight menambahkan. Untuk itu, penting mencegah situasi tanpa kewarganegaraan melalui pencatatan akta kelahiran.

Advertisements