Hanta Yuda: Diplomasi Kuda dan Beranda Joko Widodo

Hanta Yuda: “Pertemuan di istana itu memberikan sebuah pesan ada bola yang ingin dipantulkan. Itu pesan ke SBY juga. Penting pertemuan itu.”

“Saya ingin masuknya di sini; tentang diplomasi kuda dan sekarang diplomasi beranda. Saya ingin jawab Mas Hasto juga ini. Kalau diplomasi kuda, pada saat itu kan dua saling menunggangi kuda, dua ada ‘sampai lebaran kuda pasti ada aksi’. Kemudian yang ketiga, akan ada aksi besar di Patung Kuda. Ada kuda lagi. Yang keempat, ada aktor politik yang menunggangi. Secara kata, menunggangi itu kan ada hubungannya sama kuda juga.”

“Catatan saya lagi, Joko Widodo menemui ormas-ormas dikawal dengan Barakuda. Yang keenam, langkah politiknya pasang kuda-kuda semua. Nah kalau kuda identiknya dengan catur. Kalau catur kan targetnya bukan kuda tapi raja. Tapi kalau itu tentang diplomasi kuda.”

“Kemudian diplomasi beranda. Beranda itu bicara keluarga, bicara Indonesia, bicara rumah. Rumah Indonesia, keluarga Indonesia hangat rukun. Mudah-mudahan ujungnya diplomasi beranda ini menarik dan positif.”

Advertisements