Foto Hot Andrea Dian

Setahu saya, Andrea Dian itu pemain FTV. Di berita, yang didapat via operamini di perangkat android saya mendapati berita tersebut. Saya mengklik-nya, membacanya dengan cermat.

andreadianhot

Menurut Anda apa yang salah jika Andrea Dian dan suaminya pamer kemesraan atau tubuh yang seksi di Instagram pribadi?

andreadianhot.
andreadianhot.

Tentu banyak opini yang akan masuk. Tergantung banyak hal; sebut saja pendidikan, budaya, agama dan kebiasaan. Jika disaring intinya hanya dua, yang pro dan kontra. Saya termasuk netral. Dibulatkan saja yang netral masuk ke kubu pro.

Seorang teman saya, punya pendapat lain. Kalau di Indonesia seharusnya Andrea lebih ‘sopan’.

“Kayaknya gak cocok deh. Ini di Indonesia. Kalau di luar negeri mungkin OK. Maksutnya Andrea orang bule gitu. Indonesia kan budaya masih kental timurnya, pakaian tertutup. Ya, gimana ya, harusnya dia lebih selektif memilih mana yang di-publish mana yang enggak.”

“Apalagi mayoritas Muslim ya?” tanya saya

“Iya. Makanya.”

Sebenarnya ini topik yang usang ya. Saya selalu beranggapan, artis (pemain sinetron, ftv, pencari sensasi. bukan artis yang art) di Indonesia itu luntur ketimurannya. Tentu ini sebatas yang lebih berani mengumbar keseksiannya tanpa peduli itu wanita atau pria. Kebanyakan, mohon maaf karena tulisan ini dari sudut pandang pria, adalah wanita.

Luntur mungkin karena mereka mengenal budaya baru dan menerimanya sebagai identitas. Budaya global. Di mana pemeran utamanya lebih condong ke arah liberal.

Tapi sekali lagi: itu bagi saya bukan masalah yang besar. Hanya, patut diingat, Indonesia itu multikultural, masyarakatnya sangat heterogen.

Kalau mau upload sesuatu ya lebih selektif saja. Jangan karena ‘ini kan di pantai’ atau ‘sama suami sendiri ya terserah’ atau ‘selama gak merugikan kenapa kamu nyinyir?’.

*

But anyway, sebenarnya media pers di Indonesia itu terlalu ‘heboh’ dan ‘mesum’. Ini karena berita yang laku seperti ‘itu’ atau karena jurnalisnya yang lebih suka mengangkat hal-hal seperti ‘itu’?

