Dino Patti Djalal: “Setelah Trump terpilih tantangan Indonesia adalah menjaga wajah Politik Luar Negeri kita yang Bebas Aktif”

“Dalam artian bebas prinsipil” tambahnya

Sebagai negara dengan umat Muslim terbesar, tentu realisasi janji Trump mengenai pembatasan Muslim ke Amerika harus disuarakan oleh Indonesia. Karena itu akan berpengaruh terhadap kestabilan perdamaian dunia.

“Indonesia juga harus pintar menyesuaikan diri antara Amerika dan Tiongkok”

Ini mengenai pandangannya saat Trump terpilih hubungan Amerika dengan Tiongkok akan makin panas. Dan Indonesia wajib menyesuaikan diri di dalamnya. Mengingat, misi diplomasi Indonesia salah satunya menjaga perdamaian dunia.

Saat Dino ditanya mengenai hal positif yang Indonesia mungkin dapat dari teepilihnya Trump, Dino berpendapat, “Beruntungnya Presiden, Senat dan House dikuasai Republic, selama ini kebijakan yang diambil sifatnya simpatik dan positif untuk Indonesia.”

“Selain itu, hubungan diplomatik dengan Amerika telah baik di masa SBY dan semakin baik saat Jokowi memimpin. Hubungan itu didasari komitmen menjaga hubungan bilateral yang baik antara Indonesia dengan Amerika.”

Catatan: pernyataan Dino Patti Djalal diambil saat ia diundang menjadi narasumber di TVone hari ini dalam kapasitasnya sebagai mantan duta besar Indonesia untuk Amerika. saya pribadi mengagumi Beliau. 😀

Advertisements