Tentang Cinta – Melancholic Bitch

Adalah lagu nomor lima di album “Anamnesis” karya Melancholic Bitch. Dari sekian lagu yang ada, menurut saya lagu ini paling ringan dan mudah dihapal. Popularitasnya mungkin kalah dengan “Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta di luar Angkasa” tapi kedalaman maknanya tidak bisa diremehkan.

Nuran Wibisono dalam blognya menulis: “Ugoran berbicara mengenai cinta yang seakan keluar dari relnya. Di bait awal, pria yang sekarang (tahun 2011) melanjutkan studi di Amerika ini berbicara mengenai cinta yang sudah menjelma jadi rasa takut. Entah rasa takut apa. Bisa jadi rasa takut yang berawal dari ketidakpercayaan. Yang lalu berujung pada ketakutan seperti: apa pacar saya setia, apa pacar saya selingkuh? dan lain-lain. Lalu Ugoran berbicara mengenai cinta yang bisa membuat kita membunuh –kalau anda tidak percaya bahwa cinta bisa membuat seseorang menjadi pembunuh, silahkan baca koran-koran lampu merah–, atau cinta yang menjadi pengikat. Cinta tidak lagi menjadi sesuatu yang membebaskan.”

Melancholic Bitch

“Pada bait kedua, pria berambut ikal ini berbicara mengenai cinta yang sudah jadi barang dagangan. Ugoran berbicara pelan namun lantang “tentang cinta yang membusuk di lagu-lagu; yang “betapa ku merindukanmu”;” Iya, cinta sudah jadi barang obral yang bisa kita dapatkan dengan murah.”
Pada intinya, lagu ini salah satu lagu Melancholic Bitch yang ringan dan easy listening tanpa mengurangi makna yang dalam.

*

Berikut liriknya:

Tentang Cinta – Melancholic Bitch 

tentang cinta yang menjadi rasa takutmu; yang mengejan dalam mimpimu; yang sengit dan selalu menikammu; yang setajam kebencianku padamu; yang tlah memaksamu membunuh; yang mengejar dan terus mengikatmu:

tentang cinta yang membusuk di lagu-lagu; yang “betapa ku merindukanmu”; yang dengki dan kelam membisu; yang tak juga habis-habis, tak kan juga habis-habis. jika saja ada jendela dan jika saja ada jendela: kau akan mengerti dan tetap mengerti; ku akan mengerti dan tetap mengerti. kau akan di sini dan tetap di sini, ku akan di sini dan tetap di sini.

jika saja ada jendela dan jika saja ada segelas soda

Advertisements