Belajar Stockdale Paradox

From Good to Great

Adm James Stockdale

Jim Collins yang mengarang bukunya. Pelajaran berharga dari buku itu adalah tentang kemampuan bertahan seseorang. Ia menjelaskannya dengan “Stockdale Paradox”.

Istilah itu, terinspirasi dari Admiral Stockdale, serdadu AS dengan pangkat tertinggi yang pernah ditahan Vietkong. Ia bertahan disiksa hingga beberapa bagian tubuhnya cacat permanen. Siksaan itu terjadi selama tujuh tahun.

Ketika banyak temannya yang putus asa hingga tak bisa berbuat apa-apa, ia justru menciptakan sandi untuk berkomunikasi dengan tahanan lain di dinding terpisah.

Setelah bebas, ia terus mengabdi hingga menjadi salah satu calon Wakil Presiden Amerika.

Apa kiatnya? Jangan terlalu optimis.

Menurut Stockdale, optimistik pada situasi tidak menentu hanya berujung pada frustasi. Beberapa kawannya optimis tahun baru akan dibebaskan. Dan ternyata, itu hanya tipuan Vietkong. Akhirnya mereka kecewa, putus harapan dan kondisinya merosot.

Maka, ia hanya memikirkan “bagaimana caranya bertahan hidup” dalam kondisi apapun. Ia memilih optimisme terukur yang sesuai realita. Ia menyiapkan mental menghadapi kenyataan sebrutal apapun.

Optimis memang perlu, tapi bukan hanya slogan yang sulit dijangkau nalar.

Daya tahan terhadap realita juga harus diperkuat. Itu adalah tameng yang melindungi diri dari kenyataan hidup yang keras dan pahit.

Advertisements