The Deep Blue Ocean

Img2432137

Arie, tulisanmu buruk sekali. Menulislah betul-betul. “Hard writing makes easy reading. Easy writing makes hard reading”.

Oke. Saya mencoba menulis ‘betul’ kali ini. Seperti apa gambaran diri saya?

***

Saya seorang yang pendiam. Terutama pada orang yang baru kenal. Butuh penyesuaian agak lama bagi saya untuk akrab dengan seseorang.

Tapi, saya tidak terlalu pendiam juga. Standar. Kalau sudah akrab dan nyaman dengan seseorang baru ke luar sifat lainnya: humoris.

Humor saya cenderung aneh. Garing. Tidak masuk akal dan bikin kesel.

Seperti, saat ada teman duduk sendirian di lobby kampus. Saya menyapa, “Kemarin malam aku kok liat kamu di Sriwedari? Kamu jualan balon sama terompet ya di sana?”

Lalu saya ketawa. Teman saya.. bingung dulu baru tertawa geli. Ini orang maksutnya apa coba.

Atau, seperti saat saya lupa bawa pulpen. Saya meminjamnya ke teman dengan humor aneh lainnya, “Kamu katanya di rumah jualan pulpen sama spidol. Pinjem satu dong.”

Bagi saya itu lucu. Tapi garing, ya?

“Mau beli rokok? Naik aja tuh sajadahku. Terbang!”

Gaya humor lain. Yang aneh dan mengerikan juga saya miliki. Tapi ini hanya ke closest friend dan dia harus cowok.

“Wuh, Enno, tadi ada yang SMS nanyain kamu. Izroil katanya”.

Which is, Izroil malaikat pencabut nyawa.

Tapi, banyak yang bilang, saya ini pintar berbicara di depan umum. Pintar menjilat juga manipulatif. Dipikiran saya, suka timbul ide-ide tidak terduga saat.

Seperti kemarin saat saya presentasi Bahasa Inggris, kelas serius sekali mendengarkan saya. Kelas yang hening untuk presentasi Bahasa Inggris adalah neraka. Bikin nervous. Salah kata atau grammar akan terlihat.

Lalu, entah dapat ide dari mana saya menyapa teman.

“Dila, do you hear me?

I’m talking to you. Accross the water accross the deep blue ocean..” saya meneruskannya dengan menyanyi lagu Jason Mraz.

Kelas tertawa. Dosen tertawa. Nilai berkurang..

Saat diminta berbicara dan oranglain mendengarkan, saya cenderung lebih menguasai. Dan bisa mencairkan suasana. Ketimbang saat mengobrol di luar kelas.

Pernah saya terlambat dan diminta dosen bercerita sebelum dipersilakan duduk.

Lalu saya bercerita seperti ini, “Saya heran dengan dosen yang suka membandingkan Indonesia dengan Negara lain. Dengan Inggris, Amerika, Jerman atau Perancis. Saya heran sekali. Jadi teman-teman, kalau ada dosen seperti itu masuk kelas, suruh menghadap saya.. anaknya. Yang cewek. Siapa tau jodoh.”

Kelas tertawa. Dosen tertawa. Nilai berkurang..

Dosen tau siapa yang saya maksut. 😀

Dari sisi manipulatif juga banyak contohnya. Manipulatif di sini tujuannya humor. Bukan kriminal.

Okelah, saya ceritakan.

Jadi, waktu itu teman saya sedang sibuk-sibuknya. Dia di lantai tiga. Saya telepon, bilang kalau Ibunya menunggu di lobby. Dan dia turun ke lantai satu. Handphone saya matikan setelahnya.

Saat handphone saya nyalakan, hewan satu kebun binatang ke luar semua.

Masih banyak tipuan manipulatif lainnya. Tapi tidak perlu diceritakan. Masa’ buka aib sendiri? Hahaha.

Tapi, di sisi lain. Kata teman, saya aneh di sisi misterius dan kelam. Bukan karena jarang masuk kuliah. Tapi karena musik dan film yang saya tonton.

Di handphone, saya menyimpan berbagai macam musik instrumental. Di antaranya banyak yang kelam dan seram, seperti “Lux Aeterna” Clint Mansell, “Reverse” Karl Mayer dan “Reverie” Debussy.

Kalau film, saya suka yang tema action dan tema gore macam Hannibal Lecter, SAW, dan film sejenis lainnya. Pokoknya yang ada tembak-tembakan atau bunuh-bunuhan.

Atau kalau mau lebih menantang, saya menonton video eksekusi para sandera ISIS.

Sepertinya sekian dulu cerita kali ini. Endingnya tidak menarik, ya? Hahaha. Tak apalah.

Advertisements

8 responses to “The Deep Blue Ocean

  1. Tumbenan ni blog lu idupin komenannya. Kagak takut banyak spam neh? Jangan diapus yak komen gua.

    Komen: lu aneh gegara di depok kali. Salah maen.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s