MTB: Comic Strip, Ska from Singapore

Comic Strip. Singapore. Photos via Facebook. Read the interview on my blog.

Saat dibentuk apa Comic Strip merupakan band yang serius digarap?

Saat ditubuhkan, tujuan utama adalah untuk projek recording kuliah Sri. Lalu selepas projek selesai, kami teruskan comic strip, dan mulai buat persembahan di gig kecil-kecilan.

Musik kalian, dalam pandangan saya ceria, membuat senang, apa memang dikondisikan seperti demikian?

Musik kami positif. For example, lagu “State of Mind” adalah tentang putus cinta, tapi bunyinya tetap ceria. Mesej yang ingin kami sampaikan menerusi lagu ini adalah walaupun cinta udah tiada, kehidupan harus berterusan. Lagu lainnya seperti “Finally Free” menceritakan kepentingan kebebasan. Ada juga lagu yang kurang ceria seperti “Tears” yang menceritakan tentang penyesalan. Tapi pada kesuluruhannya musik kami ceria dan positif dengan harapan sang pendengar juga menjadi ceria.

Comic Strip. Singapore. Photos via Facebook. Read the interview on my blog.

Agak melenceng, ada band di Indonesia yang kalian dengarkan akhir-akhir ini?

I don’t know about the rest. Tapi akhir-akhir ini jarang sih. Yang paling terbaru aku dengar adalah Youngster City Rockers dari Malang. Mereka main ke Singapore bulan Februari lalu. Kalau aku dulu banyak dengar tipe-x…. Tapi penulis lagu favoritku ialah Ebiet G. Ade.

Seperti apa album kalian yang rilis tahun 2004 lalu? Bisakah kalian menilai album yang kalian produksi?

Album kami release tahun 2013. Walaupun Comic Strip ditubuhkan tahun 2004. Album alhamdulillah dapat diselesaikan dengan lancar. Pada hari launch kami telah sold out CDs. Dan yang hadir di Esplanade ketika itu ada lebih dari 1000.

Dalam album itu, siapa yang paling dominan dalam proses pembuatannya?

Yang paling dominan dalam pembikinan album ternyata Hendra (bass). Selain menggubah lagu, Hendra juga yang mengatur selaku producer untuk album “Finally, the First Album“.

Comic Strip. Singapore. Photos via Facebook. Read the interview on my blog.

Note: Semua gambar diambil dari Facebook Comic Strip. Band ini bubar pada 10 April 2016 lalu.

Advertisements