Kenzaburo Oe, Jepang Yang Ambigu, dan Diriku

Oé Kenzaburo

Kenzaburo Oe, lahir pada 1935. Ia adalah penulis dan esais Jepang, mungkin adalah novelis Jepang terbesar sejak Perang Dunia II (1939 – 1945). Oe meraih nobel sastra dan memberi pidatonya pada 7 Desember 1994.

Oe lahir di desa terpencil di kaki gunung di Shikoku, tempat yang sering ia tonjolkan dalam karyanya. Pada 1954 ia masuk Universitas Tokyo dan pada 1958 memenangkan hadiah Akutagawa yang bergengsi untuk novelnya Shiiku (1958; diterjemahkan sebagai The Catch, 1959), berkisah tentang seorang pilot hitam yang tertangkap dan ditahan di desa. Novel pertamanya sangat panjang, Mumushiri Kouchi (1958; Nip the Buds, Shoot the Kids, 1995), memapankan reputasinya sebagai penulis penting pasca perang.

Oe menulis tentang kondisi keterasingan Jepang modern dan mendukung politik sayap kiri. Di samping simpatinya pada politik, Oe bersahabat dengan penulis nasional Mishima Yukio.

Pada 1963, dengan lahirnya putra yang cacat mental dan kunjungan ke Hiroshima memberikan arah baru pada tulisannya. Hiroshima Noto (1965; Hiroshima Notes, 1995), menggabungkan liputan dan refleksi atas bombardir bom atom di Hiroshima, Jepang, pada Agustus 1945). Karir Oe memuncak dalam masterpiece-nya Man’en Gannen No Futtoboru (1967; The Silent Cry, 1974), novel yang kompleks dan intelektual, berisi tema-tema krisis eksistensial, sejarah, mitos dan identitas budaya.

Novel-novel selanjutnya membahas tentang persoalan anti-nuklir dan ekologis. Karya Oe yang lain meliputi Kozui Wa Waga Tamashii Ni Oyobi (The Floodwaters Have Come in Unto My Soul, 1973), Dojidai Gemu (Contemporary Games, 1979), Jinsei No Shinseki (1989; An Echo of Heaven, 1996), fiksi ilmiah best-seller Chiryoto (The Treatment Tower, 1990), Shizuka No Seikatsu (1990; A Quiet Life, 1996) dan Pinchi Ranna Chosu (1994; The Pinch Runner Memorandum, 1997). 

Note: Sidang Satrawan Dunia. 2004. Penerbit Pinus: Yogyakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s