Yusron Ihza Mahendra

Kuliah Umum Yusron Ihza Mahendra

Di atas adalah foto Yusron Ihza Mahendra, duta besar Indonesia untuk Jepang yang saat ini menjadi bahan perbincangan yang viral di dunia maya terkait tulisannya di Twitter yang dinilai rasis oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Di lingkup studi Hubungan Internasional, saya diajarkan untuk tidak mengomentari suatu hal yang tidak dipahami dengan baik, suatu hal yang tidak ada kaitannya dengan tugas dalam lingkup Hubungan Internasional dan suatu hal yang jelas tidak perlu dikomentari untuk menjaga saat apa yang disampaikan membuat citra negatif terhadap Negara.

Tapi, tetap saja, seorang duta besar adalah manusia. Ada saat di mana ia mengeluarkan apa yang ada dalam pikirannya dan menanggalkan profesionalismenya.

Tidak perlu menghakimi dengan berlebihan. Memang, kita sebagai masyarakat, berhak menilai Dubes Yusron intimidatif dan rasis. Layak dicopot dari tugasnya sebagai perwakilan Indonesia di Jepang. Tapi, untuk pencopotan bukan kita yang memutuskan, biar ini menjadi kewenangan Kementerian Luar Negeri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s