Terlahir dan Terasingkan: Sebuah Antologi Semak Belukar

image

Antologi Semak Belukar 2009 -2013

Kemarin, pulang dari kampus saya mampir ke Lokananta, Solo. Yah, mungkin sebagian besar dari kamu sudah tau tentang studio rekaman tertua di Indonesia ini. Saya datang jam 01.00 p.m siang, dan di sana sepi. Sepi sekali.

Awal mula saya mau cuci mata melihat katalog CD yang ada di sana. Eh, akhirnya beli sebuah CD kumpulan lagu Semak Belukar, Terlahir & Terasingkan: Antologi Semak Belukar 2009 – 2013.

Iya, benar saya telat membelinya karena Semak Belukar sendiri telah bubar pada 2013 lalu. Tapi, semasa Semak Belukar sedang dibincangkan banyak orang, saya sudah mendengar album mereka di kanal Youtube. Nah, versi fisik ini adalah album pertama yang saya beli. Ya, saya adalah penikmat musik digital.

Setelah saya membaca beberapa tulisan, wawancara musisi tentang medium apa yang spesial untuk mereka berkaya adalah bentuk fisik, bukan digital, maka saya mulai sekarang akan membeli rilisan fisik. Selain itu, ternyata pembagian royalti musik digital untuk musisi masih kurang. Kalau beli CD, Vinyl atau Kaset kan jelas.

Mohon maaf telat sadar. Tidak ada yang memarahi, kan?

Oh ya, soal konsumsi musik digital saya memakai Deezer versi berbayar, dan gratisnya biasanya pakai Soundcloud, Reverbnation dan Bandcamp, di tiga penyedia musik streaming tersebut biasanya ada musisi yang menggratiskan karyanya. Hehe. Kalau suka, ya, pastinya menyaksikan aksi panggung mereka dong.

Sewaktu di Lokananta, saya melihat ada album terbarunya Adhitia Sofyan berjudul “Silver Painted Radiance” itu adalah album yang akan jadi pembelian saya berikutnya. Artworknya keren, dan lumayan mengikuti karya-karya Adhitia Sofyan juga. Soal, walaupun sering hadir di gigs hardcore, lagu-lagu mellow perlu juga buat penyeimbang.

Oh, ya. Sekedar info: kalau ada yang masih nyari Vinyl dari Pure Saturday yang “Grey” di Lokananta masih ada satu, berjejeran dengan Vinyl Ssslothhh.

2 responses to “Terlahir dan Terasingkan: Sebuah Antologi Semak Belukar

Leave a Reply

