Sistem Ekonomi Kanada

JUSTIN TRUDEAU

Perkembangan Sistem Ekonomi Kanada

Sebelum masuk pada masalah utama yang akan diangkat, perkembangan sistem ekonomi Kanada. Ada baiknya jika kita menengok kembali beberapa sistem ekonomi yang ada di dunia. Di mana, ada tiga sistem, yaitu Kapitalis, Sosialis dan Campuran dengan berbagai kelebihan dan kelemahan antara satu sistem dengansistem lainnya.

Banyak negara di dunia saat ini, yang mulai meninggalkan dua sistem utama yang menjadi pokok lahirnya sistem ekonomi campuran yaitu, sistem ekonomi Kapitalis dan Sosialis. Tentunya, kesepakatan memakai sistem ekonomi campuran didasari pada efektifitas sistem tersebut diterapkan untuk kesejahteraan masyarakat suatu negara. Pada praktiknya, pembagian peran antara pemerintah dengan swasta berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Sesuai dengan porsi yang dibutuhkan masing-masing negara.

Dengan kata lain, saat ini, jarang ditemukan negara dengan sistem ekonomi yang Kapitalis murni atau Sosialis murni. Banyak pelaku ekonomi yang sadar, bahwa peran pemerintah dalam melindungi kegiatan ekonomi di suatu negara sangat penting keberadaannya. Artinya, harus ada sinergi yang baik antara swasta dan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian suatu negara.

Berikut adalah kelebihan sistem ekonomi campuran:

– Sektor pemerintah dengan swasta terpisah secara jelas
– Sektor ekonomi yang penting diarahkan pemerintah untuk kesejahteraan bersama
– Harga suatu produk barang atau jasa dapat dikendalikan, artinya kebijakan harga produk di pasaran sesuai harga pasar tetapi pemerintah melakukan upaya agar harga tidak terlalu rendah bagi produsen dan tidak mahal bagi konsumen.
– Kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi swasta dilindungi oleh pemerintah

Kanada, yang diangkat dalam makalah ini, adalah negara dengan kekuatan ekonomi yang patut dicermati. Karena komunikasi antara swasta dan pemerintah yang melindungi kegiatan ekonomi berjalan dengan efisien. Sehingga menempatkan Kanada sebagai Negara dengan perekonomian terbesar ke lima belas dunia, dengan
pendapatan perkapita penduduknya mencapai $50.397. Kanada, dalam analisa penulis, menggunakan sistem ekonomi Campuran, dengan sistem yang lebih condong ke arah Kapitalis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s