MTB: NANCY, Poppunk Magelang

NANCY, Poppunk Magelang. At Creamfest Salatiga.

NANCY. Seperti nama perempuan, ada cerita apa di balik nama band ini?

Alasan kenapa kita mengambil nama NANCY karena menurut bahasa ibrani NANCY itu berarti agung. Harapan kita ke depannya akan agung namanya.

Your bands bio?

Nancy berdiri 17 juli 2009.
Kita terbentuk pada saat kita masih duduk dibangku SMA dan single pertama kita berjudul “Hey Anisa”. Dengan personil Leo bass vokal, Dani gitar vokal dan Tito pada drum. Pada tahun 2011 Leo dan Dani memilih untuk keluar karena memilih untuk bekerja.

Pada tahun 2012 sampai 2014 personil yang masih asli Tito, namun Tito pindah di vokal dan masuk personel baru Uul pada bass, Bayu pada drum dan Icad di keyboard sampai meluncurkan album pertama yang berjudul “Menghibur Dunia”. Namun terjadi ketidakcocokan setelah peluncuran album pertama dengan Icad karena berbeda visi misi dan sudut pandang.

Akhirnya tinggal tiga personel, dengan tiga personel kita tidak menyerah untuk berhenti berkarya dan akhirnya pada awal tahun 2016 kita merilisi mini album yg berjudul “Tunjukan” berisi 5 lagu yang sangat jauh berbeda dengan materi album pertama.

NANCY, Poppunk Magelang. At Creamfest Salatiga.

Saya nonton kalian di Creamfest kemarin. Saya kira, kalian tampan. Apa ngeband mendongkrak citra kalian atas perempuan? Hahaha.

😀 NANCY adalah tempat kita belajar yang tadinya tidak tau menjadi tau, yang tadinya fals jadi tidak fals, yang tadinya asal asalan jadi tidak asal-asalan, NANCY adalah media dari personel-personelnya untuk bertemu untuk bermusik.

Soal open regist di gigs. Apa tanggapan kalian soal band yang harus mengeluarkan uang untuk mendapat slot tampil di gigs?

Regist itu pilihan jika kalian suka bermusik cuma ingin manggung ya regist-lah sesuka hati, dengan open regist kalian bisa manggung.

Tapi setiap panggung itu efektif untuk kalian berpromosi ? Untuk NANCY kita regist tidak apa jika di luar Magelang dengan tujuan untuk memasarkan karya-karya kita agar banyak orang lain yang tahu.

NANCY, Poppunk Magelang. At Creamfest Salatiga.

Di luar banyak band yang sejenis dengan kalian. Strategi kalian seperti apa agar lebih dikenal?

Strategi kita? Bermusiklah dengan baik dan benar. Sering terjadi pada saat ini banyak anak-anak yg lebih mementingkan penampilan terlebih dahulu daripada teknik bermusik. Menurut kita, ngeband itu menjual karyalah, karya itu berbentuk apa ? Kan berbentuk musik berbentuk audio maka pentingkanlah musikmu baru
penampilanmu.

Untuk strategi, banyak band pop punk di Indonesia tapi kita mempunyai taste yang tersendiri cobalah mampir di Soundcloud lalu bedakan dengan band lain. Karena setiap band itu pasti punya taste tersendiri walaupun mereka mempunyai referensi untuk bermusik.

Apa kalian mengikuti trend politik di Indonesia?

Untuk dunia politik kita mengikuti sampai ada satu lagu yg berjudul “Salam Untuk Teman”.

Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treat) band kalian seperti apa?

Kekuatan : Karya kita berbeda dengan band poppunk lain.
Kelemahan : Jarang ada media yg mem-blow up tentang kita.
Peluang : Poppunk adalah musik dinamis tentunya segmentasi dan target kita. Sudah pasti yakni kaula muda
Ancaman : Komunitas musik yang tertutup yang tidak mau dimasuki karya-karya kita, yang sering menolak kita untuk open regist.

NANCY, Poppunk Magelang. At Creamfest Salatiga.

Note: Foto diambil dari Facebook NANCY. Simak mereka di Reverbnation, klik di sini.

Advertisements

3 responses to “MTB: NANCY, Poppunk Magelang

Comments are closed.