Potensi Kerjasama di Nigeria

Goat Market - Lagos, Nigeria

AKSES: Khusus mengenai Nigeria, bisa dijelaskan peluang kerjasama yang dapat dikembangkan?

Sudirman Haseng: Nigeria merupakan negara penghasil minyak terbesar di Afrika dengan jumlah penduduk saat ini mencapai 146 juta. Dari sisi sumber daya alam, potensi potensi kerjasama yang dapat dikembangkan tidak saja pada sektor perminyakan, tetapi dapat diperluas mencakup sektor-sektor lainnya, termasuk sektor industri mengingat relatif masih belum berkembangnya sektor industri dalam menunjang peningkatan permintaan akan berbagai produk kebutuhan masyarakat.

Pada sisi lain, jumlah penduduk Nigeria yang cukup besar juga mendorong peningkatan daya beli masyarakat. Hal ini merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk mendorong perluasan pasar produk-produk Indonesia ke pasar Afrika. Keberadaan sejumlah perusahaan Indonesia yang telah sejak lama beroperasi di Nigeria menunjukkan besarnya peluang yang bisa diraih pengusaha Indonesia untuk memenuhi pasar domestik Nigeria.

Relokasi industri dan produksi juga menjadi alternatif kerjasama yang memiliki prospek cerah dan menguntungkan mengingat masih belum berkembangnya beberapa sektor produksi, termasuk industri pengolahan, bahan kimia, farmasi dan obat-obatan serta industri makanan. Untuk itu diperlukan kerjasama yang erat di kalangan dunia usaha, termasuk mencari mitra kerja setempat yang terpercaya untuk menggelindingkan roda usaha patungan di Nigeria. Dari berbagai segi, hubungan RI-Nigeria bisa dikembangkan menjadi hubungan kemitraan strategis.

Note:diambil dari Majalah Akses edisi 14. Ditulis di tahun 2010.

Advertisements