Bersosialisasi dengan Masyarakat Kazakhstan

Kazakhstan

Orang Kazakhstan menekankan pada kesetaraan yang radikal, dalam arti bahwa wanita memiliki posisi otoritas yang tegas. Apabila seorang wanita memiliki jabatan maka dia dihormati karena jabatannya dan tidak dipandang lebih rendah daripada laki-laki. Perempuan yang merokok cenderung dipandang lebih rendah. Pria biasanya mengajak wanita ke luar. Kadang-kadang orang-orang Kazakhstan pergi ke luar secara berkelompok.

Peraturan mengenai usia untuk dapat minum alkohol dan merokok tidak dapat ditegakkan dengan baik. Kebanyakan pria minum dan merokok secara berlebihan. Hal ini bisa menjadi masalah bagi orang-orang yang ingin bersosialisasi namun tidak ingin mabuk atau merokok.

Hirarki sangat dihormati di Kazakhstan. Seorang yang lebih senior tidak pernah ditentang atau dikritik, terutama di depan umum. Topik yang baik untuk percakapan dalam membangun hubungan pribadi berkisar pada masalah seni, makanan, minuman dan olahraga. Jika memungkinkan, hindari pembicaraan mengenai politik, agama dan etnis.

Notes: dikutip dari Majalah Akses, edisi Agustus 2015.

Advertisements