Kerjasama Indonesia dengan Kazakhstan di bidang Industri, Makanan, Farmasi dan Infrastruktur

AKSES: Apakah ada perkembangan baru dalam kerjasama antara dunia usaha?

Askat T Orazbay: Saat ini, terdapat sejumlah penjajakan kerjasama antara pelaku usaha kedua negara. Tiga perusahaan Indonesia yaitu PT. Multistrada, PT. Indofood dan PT. Indofarma sepakat untuk melakukan kerjasama dengan mitra mereka di Kazakhstan untuk mendirikan pabrik ban, mie instan dan farmasi. Sejumlah kesepakatan kerjasama lainnya yang sudah ditandatangani adalah kerjasama antar KADIN kedua negara. MOU antara PT. Wijaya Karya dan Imstalcom JSC, MOU antara PT. Indofood Kazakhstan dan KazAgro JSC dan persetujuan kerjasama antara PT. Istana Karang Laut dan Montazhspecstroy JSC. Semua kesepakatan ini sedang dalam proses penjajakan.

Courtesy call by H.E. Mr. Askhat T. Orazbay-7276

Ada beberapa kendala dalam realisasi kerjasama ini antara lain jarak yang jauh dan belum ada penerbangan langsung dan kesulitan transportasi laut. Namun ke depan, saya yakin kendala ini dapat diatasi melalui beberapa terobosan antara lain adanya angkutan darat dari Kazakhstan ke Iran dan Tiongkok yang mempunyai pelabuhan laut. Melalui jalur ini akan lebih mudah mencapai Indonesia melalui laut.

Pembangunan pabrik Indomie di Kazakhstan merupakan rencana menguntungkan karena kami adalah produsen gandum terbaik dan terbesar di dunia. Membangun pabrik mie di ladang gandum tentu saja akan menekan biaya transportasi gandum dan harga bahan baku juga lebih murah. Harga produk akhirnya juga akan lebih bersaing. Tidak hanya untuk pasar Kazakhstan tapi pasar negara Asia Tengah dan Rusia. Kami mempunyai kerjasama dengan Rusia untuk urusan pajak dan bea masuk, artinya tidak ada bea masuk bagi produk yang dibuat di Kazakhstan. Demikian juga pabrik ban dan obat-obatan Indonesia yang akan memanfaatkan potensi pasar Rusia dan Eropa. Sementara PT. Wijaya Karya berniat untuk ikut proyek pembangunan sejumlah infrastruktur di Kazakhstan.

Note: kutipan wawancara Akses dengan Yang Mulia Ashkat T Orazbay, Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia. Akses volume 33.

Advertisements